PROPOSAL E-HEALTH
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“Aplikasi E-Health Surabaya”
Dosen : Rina Noviana



Nama Anggota Kelompok :
Arief Rivaldiansyah  (51414571)
Edwyn Pratama        (53414404)
Lauzardi Ilman         (56414008)
Nur Septa Adiyasa    (58414186)
Rangga Eka Putra    (58414906)
Kelas :
4IA23


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
                        Salah satu sektor yang patut mendapat dukungan TIK bagi kepentingan rakyat      banyak adalah sektor kesehatan. Kondisi infrastruktur kesehatan di Indonesia hampir         sama parahnya dengan infrastruktur TIK. Jumlah tenaga dokter, paramedis, pelayanan        kesehatan tidak sebanding dengan jumlah penduduk dan tidak pula merata sedangkan persebaran masalah kesehatan sangatlah luas. Sebagian besar tenaga paramedis        terpusat di wilayah Jawa-Bali (Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar) dengan             dukungan infrastruktur yang sangat memadai. Bahkan beberapa rumah sakit telah berstandar internasional dengan jalinan kerjasama instansi medis luar negeri.
                        Besarnya dukungan fasilitas medis di pusat bukan berarti sistem pelayanan             kesehatan terhadap masyarakat baik dan transparan. Tak jarang terjadi penumpukan   pasien di ruang tunggu hanya untuk registrasi belum lagi antrean di ruang periksa dan      apotek. Sistem pencatatan data pasien masih konvensional dalam lembaran kartu yang     diurutkan berdasarkan abjad. Data rekam medik pasien bisa berjumlah ratusan             tersimpan dalam rak-rak yang memenuhi ruangan. Satu bagian pemeriksaan bisa     memiliki kartu rekam medik yang berbeda dengan bagian lain dalam satu rumah sakit.       Kondisi ini tidak efektif dalam pelayanan pasien karena waktu tunggu semakin        panjang sedangkan pasien harus segera diberi tindakan medik. Koordinasi antar         rumah sakit dan Puskesmas belum berlangsung secara terintegrasi, terutama rumah             sakit milik pemerintah baik pusat maupun daerah. Dengan kata lain pelayanan medis          belum menjangkau masyarakat secara luas.
                        Dari ribuan puskesmas yang tersebar di Indonesia terdapat satu puskesmas dan      satu dinas kesehatan yang memberikan layanan online melalui sebuah situs web.          Puskesmas di Surabaya menyediakan layanan online yang dapat        digunakan oleh            siapa saja dan di mana saja.  Aplikasi E- Health ini bertujuan untuk memudahkan        pasien warga Kota Surabaya dalam mengakses layanan Puskesmas maupun Rumah     Sakit milik Pemkot Surabaya yang hanya cukup membawa eKTP, mempercepat             sistem rujukan pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan pasien berdasarkan     resume medik pasien yang dirujuk, memudahkan pendaftaran pasien dan juga      mengurangi waktu antri di Puskesmas.

                        Dalam mengaplikasikan inovasi ini, Dinkes Kota Surabaya tidak bekerja     sendirian, melainkan hasil dari kerjasama lintas sektor. Seperti data kependudukan           pasien yang terintegrasi dengan Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas        Komunikasi dan Informatika untuk pengadaan jaringan internetnya.

1.3     Tujuan Aplikasi E-Healt Surabaya
1.      Dengan adanya aplikasi E-Health Surabaya ini bisa membantu dan mempercepat pelayanan kesehatan di setiap puskesemas dan RSUD di Kota Surabaya
2.      Dengan adanya aplikasi ini juga pemohon tidak perlu datang langsung ke loket pelayanan, melainkan cukup dengan mendaftar di rumah bagi yang mempunya koneksi internet maupun e-kios yang tersedia di seluruh Kelurahan/Kecamatan dan Puskesmas Kota Surabaya.
3.      Kehadiran aplikasi E-Health Surabaya ini bisa mempercepat proses record data pasien dan validasi data pasien menjadi lebih akurat.
















BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Produk Yang Ditawarkan
                        Produk yang ditawarkan dari aplikasi E-Health Surabaya ini adalah berupa             pendaftaran secara online, pemilihan jenis poli penyakit yang dituju secara online,          konsultasi secara online dengan dokter, pengaduan secara online, dan cek      kesehatan        secara online.

2.2       Keunggulan Aplikasi E-Health Surabaya
                        Dengan adanya aplikasi E-Health ini pemerintah Kota Surabaya bisa           memberikan pelayanan kesehatan dengan baik untuk masyarakat Kota Surabaya.            Keungulan dari aplikasi ini adalah :
1.      Pendaftaran Secara Online
Pasien bisa melakukan pendaftaran secara online dimanapun mereka berada, sehingga tidak perlu mengantri di dalam Rumah Sakit maupun Pusekesmas terdekat.
2.      Pemilihan Jenis Poli Penyakit Yang Dituju Secara Online
Setelah mendaftar pasien bisa melakukan pemilihan jenis poli penyakit yang akan ditujunya dengan menggunakan Aplikasi E-Health ini.
3.      Konsultasi Secara Online Dengan Dokter
Didalam aplikasi ini pasien bisa menanyakan atau berkonsultasi dengan dokter secara online
4.      Pengaduan Secara Online
Pasien bisa melakukan pengaduan lewat aplikasi E-Health ini
5.      Cek Kesehatan Secaara Online
Pasien bisa melakukan pengecekan kesehatan secara online dengan memanfaatkan aplikas penghitungan ideal berat badan.






BAB III
ANALISA PASAR

3.1       Peluang Pasar
Peluang pasar yang dimiliki dari adanya aplikasi E-Health Surbaya ini sangat menjanjikan. Dengan adanya aplikasi yang mendukung kinerja dunia kesehatan ini masyarakat pada umunya bisa sangat terbantu. Aplikasi sejenis ini masih sangat jarang tersedia di kota kota yang berada di Indonesia, maka dari itu bisnis dari sektor kesehatan ini bisa menghasilkan ke untungan baik dari segi keuangan maupun dari segi lainnya.
Dunia kesehatan di Indonesia masih minim dalam hal teknologi, kehadiran aplikasi E-Health Surbaya ini selain bisa membantu masyarakat aplikasi ini bisa juga membantu dalam proses pendataan pasien dengan akurat, sehingga pemerintah daerah bisa mengontrol dan mengetahui mana masyarakat yang membutuhkan bantuan dari pemerintahnya dengan adanya data tersebut.

3.2       Analisa Pelanggan
            Karakteristik dari pelanggan :
1.      Geografi    : Kota Surabaya
2.      Status        : Menikah – Belum Menikah
3.      Sex            : Laki – laki dan perempuan
4.      Pekerjaan   : Siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini
5.      Umur         : Remaja dan Dewasa

3.3       Media Promosi Yang Digunakan
Promosi dilakukan dengan cara online dan offline, dengan melakukan penyampaian secara ini diharapkan masyarakat dapat lebih cepat mengetahui dan segera menggunakan aplikasi ini untuk keperluan dirinya maupun keluarga terdekatnya. Berikut ini adalah media promosi yang digunakan :
1.      Internet
Memasang iklan lewat internet seperti facebook, Instagram, atau website yang menyediakan layanan iklan.
2.      Surat Kabar
Agar masyarakat yang suka membaca berita lewat koran dapat menyerap informasi promosi tersebut.
3.      Radio
Radio saat ini bisa didengar oleh masyarakat secara lebih luas dan tidak terbatasi oleh faktor ekonomi.





























BAB IV
ANALISA KEUANGAN

4.1       Modal Pembuatan Aplikasi
            Berikut ini adalah perincian modal dari pembuatan aplikasi :
1.      Sewa tempat 1 tahun                    : Rp. 10.000.000
2.      Perlengkapan Hardware                : Rp. 5.000.000
3.      Perlengkapan Software                 : Rp. 10.000.000
4.      Aksesoris Komputer                     : Rp. 5.000.000
5.      Komputer Kerja                            : Rp. 25.000.000
Total Modal                                 : Rp. 55.000.000























BAB V
PERSONALIA

5.1       Personalia
            Berikut adalah orang – orang yang bergabung dan mengembangkan aplikasi ini :
1.      Arief Rivaldiansyah
2.      Edwyn Pratama
3.      Lauzardi Ilman
4.      Nur Septa Adiyasa
5.      Rangga Eka Putra
























BAB VI
PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya aplikasi ini dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi untuk pembuatan proposal kedepannya.