PENGERTIAN
DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIS
Desain
pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata,
yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti yaitu :
·
Desain :
Seni terapan, arsitektur dan
pencapaian kreatif lainnya.
·
Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
· Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan
gambar dengan melakukan proses pencetakan.
·
Desain
Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan
gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis
mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
PRINSIP DESAIN DAN UNSUR DESAIN GRAFIS
Prinsip
Desain Grafis
|
Unsur Desain Grafis
|
Kesederhanaan
Hal
ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang
disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul
(headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan
menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf
blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip
ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan
penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu
banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
|
Garis
(Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang
menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa
berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
|
Keseimbangan
Keseimbangan
adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan
menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada
dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
|
Bentuk
(Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki
diameter tinggi dan lebar.
|
Kesatuan
Kesatuan
adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi
pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi
raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
|
Huruf
(Character)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam
bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai
Bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
|
Penekanan
(Aksentuasi)
Penekanan
dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan
membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar
ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini
akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga
membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda
dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran,
serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
|
Simbol
(Symbol)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam
bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami
secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata.
Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan
dalam bentuk nyata (dengan detail).
|
Irama
(Repetisi)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur
pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak
pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang
sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak
antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas,
jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
|
Bentuk
Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan mencerminkan
kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan
dan benda lainnya.
|
Proporsi (Proportion)
Proporsi
termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk
memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan –
perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis
dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang
paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya
arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai
perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah
perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran
tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri.
Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran
kertas dan layout halaman.
|
Tekstur
(Texture)
Teksture adalah tampilan permukaan
dari sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
|
Ruang
(Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu
bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek
estetika desain dan dinamika desain grafis.
|
|
Ukuran
(Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain
yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
|
|
Warna
(Color)
Dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual
secara jelas.
|
PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS DARI BERBAGAI MEDIA
Pada awalnya media desain grafis
hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi) Namun, perkembangannya
semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia
(diantaranya audio dan video). Desain grafis juga diterpkan dalam media
elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.
Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
PENGARUH KEBUDAYAAN & TEKNOLOGI DALAM MEMBUAT
DESAIN PEMODELAN GRAFIS
Keberadaan desain pemodelan grafis
sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi berkembang di masyarakat. Salah
satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafis
berasal dari budaya yang ada dilingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya
Indonesia digunakan sebagai desain grafis. Contohnya adalah kerajinan kain
daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah dan masih banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional daerah
merupkan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk
djadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafis.
Dengan berkembangnya teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi muda saati
ini untuk menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif singkat dan
banyak desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan
segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi
dalam desain pemodelan grafis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui
peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya
adalah penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya
merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang
dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting
lainnya.
DESAIN
PEMODELAN GRAFIS DARI SEGI INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
·
Dari Segi
Antropologi
Antropologi
(Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia dengan
computer, dimana interakisi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, contohnya
pada kantor. Antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan system computer. Contohnya tim kerja
desain, kelompok penulis dll.
·
Dari Segi
Ergonomic
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, serta
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik computer dan layar monitor dengan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
·
Dari Segi
Sisiolog
Sosiologi dalam
konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh system manusia dengan
computer pada struktur lingkungannya.
Source:
http://sientoy.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafis.html
http://tipskompunet.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
Source:
http://sientoy.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafis.html
http://tipskompunet.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
0 komentar:
Posting Komentar